Config, AutoLoad, Route dan Database di CodeIgniter


Jika kamu ingin belajar Code Igniter maka beberapa file ini harus anda pahami agar tidak kesulitan dan pastinya mempermudah kerja kamu sebagai Programer. ini adalah file yang digunakan untuk mengatur frmework CI, hanya beberapa yang saya bahas tapi semoga bermanfaat.

application/config/routes.php

Routes adalah penghubung antara request  dan action.  Ketika user me-request halaman aplikasi melalui URL, maka FrontController menampung request, dan memutuskan Controller dan action mana yang akan dipanggil berdasarkan URLpattern. Proses request routing adalah kunci dari eksekusi flow aplikasi.
  • Ketika request datang, maka .htaccess akan me-rewrite ke standard format dan melewatkan ke index.php
  • FrontController memeriksa request berdasarkan URL, dan mencocokkan dengan default maupun custom routes.
  • Jika cocok, maka Front Controller mengirim ke controller dengan action yang sesuai. Jika benar, maka view dan layout akan dirender ke user jika diperlukan.
  • Jika tidak cocok, maka exception dan Error Controller akan dipanggil dan error Action akan merender error message ke user.

application/config/config.php

beberapa config yang perlu dipelajari dan paling umum digunakan :
BASE URL adalah URL ke ROOT website, nantinya ini akan menjadi URL dasar yang nantinya bias kita pakai. Untuk pemanfaatanya kita bahas lagi nanti. Untuk penamaanya jangan lupa diberikan slash “/” pada akhir URL. Jika ini tidak diatur maka CodeIgniter akan menebak protokol, domain dan Path ke instalasi Anda. Jika ini tidak diatur maka CodeIgniter akan menebak protokol, domain dan Path ke instalasi Anda.
$controller['base_url']            = 'http://www.example.com/';

INDEX PAGE, digunakan untuk mendefinisikan file index.php Anda, kecuali Anda sudah berganti nama untuk sesuatu yang lain. Jika Anda menggunakan mod_rewrite untuk menghapus halaman mengatur variabel ini sehingga kosong.
$controller['index_page'] = 'index.php';
Dan banyak controller lainnya silahkan dipelajari, karena di setiap controller juga terdapat keterangan yang mudah dipahami.

application/controller/autoload.php

CodeIgniter dilengkapi dengan fitur "Auto-Load" yang memungkinkan libraries, helpers, dan models yang akan diinisialisasi secara otomatis setiap kali sistem berjalan. Jika Anda membutuhkan sumber daya tertentu secara global di seluruh aplikasi Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk mengatur agar sumber daya tersebut  AutoLoad/otomatis di load untuk kemudahan dalam ber-coding juga.
$autoload['libraries'] = array('database', 'session', 'xmlrpc');
// mengatur library yang sering digunakan.
$autoload['helper'] = array('url', 'file'); 
// mengatur helper agar di load secara otomatis Dan silahkan dilanjutkan.. ga susah juga. J

application/controller/database.php

File yang digunakan untuk mengatur koneksi dan pengaturan antara website/aplikasi dengan database. Cara settingnya dengan mengubah hostname, username, password, dan nama database sesuaikan dengan pengaturan mysql anda.
Contoh :
$db['default']['hostname'] = "localhost";
$db['default']['username'] = "root";
$db['default']['password'] = "";
$db['default']['database'] = "db_ci";

setelah anda paham mengenai beberapa file configurasi yang ada di Code Igniter harusnya ini akan mempermudah anda belajar nantinya. semangat, try and error :-)

Silahkan download tutorial Code Igniter Bahasa Indonesia Disini. 

Comments

  1. Sangat tertarik bang, tp link download tutorial kyknya udah mati.. ada alternatif ga?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fungsi PHP untuk menghitung selisih atau jarak 2 tanggal

Session pada Code Igniter

Belajar ExtJS Dasar